Senin, 26 September 2016

Apalah Artinya Sebuah Merek

Merek adalah label yang tepat dan layak untuk menggambarkan secara utuh objek yang dipasarkan. Dan sebagian besar bentuk komunikasi pemasaran terjadi di tingkat merek. (Terence A Shimp). Jujur, nama Rumah Makan Gardoe Welitan (GW) dengan tagline emang beda! Saya buat beberapa bulan sebelum belajar tentang teori ilmu marketing komunikasi dan periklanan.

Ketika itu saya belum kenal teori branding, marketing mix, promosi mix, advertising apalagi ekuitas merek. Saya juga belum kenal (baca maksudnya) pemikiran tokoh-tokoh marketing seperti Philip Kotler (pengarang buku pemasaran terkemuka di dunia sekaligus doktor jebolan University of Chicago, Terence A Shimp (Profesor bidang pemasaran dari Darla Moore School of Business).

Saya baru baca buku-buku terjemahan para ahli pemasaran dan buku tentang periklanan itu, setelah lima bulan usaha saya menjalankan usaha. Waktu itu saya cuma berpikir bahwa nama itu penting, tapi saya tidak tahu teori pemberian nama atau dalam ilmu pemasaran disebut merek. Satu-satunya referensi saya ketika itu adalah ingatan dan imajinasi sebuah rumah makan di kampung halaman. Rumah makan itu berada di pinggir sawah dengan gaya lesehan. Nama rumah makan itu adalah Kampung Alang-alang.

Begitu pentingkah sebuah nama atau merek, sehingga kita perlu memikirkan masak-masak nama usaha yang akan dibuat. Sebagian berpendapat bahwa membuka usaha itu yang penting barangnya bagus, urusan nama tidak terlalu penting. Tentu kita tidak bisa menyalahkan pendapat semacam itu, karena itu hak individu yang dilatarbelakangi pengalaman, pendidikan, pergaulan dan gaya hidup. 

Saya ingin menyebutkan beberapa merek produk yang Anda pasti kenal karena merek ini cukup kuat dalam ingatan kita. Baik, saya mulai dari merek Aqua, sebuah air mineral kemasan yang diproduksi PT Golden Missisipi asal negara Perancis. Anda tentuk sepakat merek ini memiliki karakter kuat. Merek selanjutnya yaitu Mer-C, sebuah merek mobil mewah asal Eropa. 

Orang pasti akan tertuju pada sebuah mobil mewah asal Eropa ini ketika kita menyebutkan nama Mer-C. Satu lagi nama produk yang cukup kuat yaitu Gudang Garam. Ingatan kita pun seolah distel bahwa yang namanya Gudang Garam pasti merek rokok. Betapa pentingnya sebuah merek sehingga para ahli pemasaran memasukan bab soal merek dalam karangan buku mereka. 

Saya sendiri bersyukur karena nama Gardoe Welitan yang kita singkat dengan dua kata yaitu GW, pelan-pelan mulai dikenal. Yah, meski tidak sekuat merek-merek di atas tapi kepuasan saya rasakan, karena nama yang saya buat tidak melenceng amat dari teori pemasaran. Apalagi setelah saya buatkan tagline GW emang beda !, rekan kantor dan relasi sudah tahu kalau emang beda itu punyanya GW.

Merek menurut American Marketing Association sebagaimana yang ditulis Terence dalam bukunya Periklanan Promosi, yaitu nama, istilah, tanda, simbol, desain atau kombinasi dari keseluruhan agar dapat dibedakan dengan kompetitornya. Mohon maaf definisi ini mesti saya sampaikan sebagai penambahan teoritis tentang merek karena bagaimanapun teoiri itu penting.

Awalnya saya apriori dengan kata teori karena sudah terlampau banyak contoh kegagalan orang yang cuma rajin berteori. Namun, setelah saya tahu bahwa lahirnya teori itu karena ada fenomena yang terjadi, maka saya semangat untuk mempelajari teori. Jadi, kesimpulannya dari beberapa penjelasan dan contoh merek maka nama (merek) itu penting. Alasannya, pertama untuk membedakan produk yang kita jual dengan yang lain. Kedua, merek akan berguna untuk program pencitraan.


Soo, mulai sekarang jangan menyepelekan soal nama atau merek karena akan memengaruhi loyalitas konsumen. Mungkin karena alasan inilah, beberapa perusahaan memberikan kewenangan kepada konsultan untuk membantu pembuatan merek dengan biaya ratusan hingga miliaran rupiah. Menurut Philip Kotler, inti merek yang berhasil adalah produk atau jasa yang hebat, didukung oleh perencanaan yang seksama. Merek yang kuat menghasilkan loyalitas konsumen yang tinggi.
--------------------------------
Penulis: Karnoto
CEO Maharti Group

Unknown

Networking MAHARTIBRAND

MahartiBrand adalah jaringan dari Banten Family yang bergerak dibidang konsultan branding dan komunikasi pemasaran periklanan.

0 komentar:

Posting Komentar

CLIENT